Definisi al ibadah, al ubudiyah, dan al ‘abudah

Perbedaan Definisi ibadah, ubudiyah, dan al ‘abudah
العبادة
العبودية
العبودة

1. Al ‘ibadah adalah sesuatu amalan yang dilakukan oleh hamba, guna mendapatkan ridha dari tuannya, agar masuk kedalam surganya, dan dijauhkan dari siksanya di neraka. 

Tingkatan amaliyah ini merupakan Tingkatan paling mendasar dalam kehambaan, sering disebut dengan Tingkatan islam / Ilmu al yakin / Ilmu syariah.

2. Al ‘Ubudiyyah adalah amalan seorang hamba, yang dilakukan untuk mencari keridhoan Allah Swt, tanpa mengharap balasan apapun dari Nya. 

Tingkatan ini disebut dengan Martabat Iman, atau Ainul Yaqin, ilmu Thoriqoh.

3. Al ‘Abudah adalah ketaatan seorang hamba untuk mencari ridho Alloh Swt, yang dilandasi atas anugrah alloh untuknya, bahwa ketaatannya adalah berasal dari pertolongan-Nya, dan kekuatan-Nya yg tanpa henti.

Tingkatan ini dikhususkan bagi para orang shalih, yang telah mencapai pada martabat al ihsan

Sejalur dengan ini mari kita simak cuplikan & petikan sayyidi Ibrahim al qursyi ad dasuqi Ra, Beliau Berkata : 

“Berhati-hatilah saudaraku, dikala engkau mengaku-ngaku, telah melakukan perbuatan atas kehendakmu sendiri, ketahuilah bahwa, kemampuanmu itu (Seperti berpuasa, shalat, mengaji, Senyum, sedekah), sungguh الله, telah memberimu kemampuan untuk itu”.

Ahmadi
Di nukil dari Kitab Attashawwuf
Kumpulan Kajian Thariqah ad Dasuqiyah Al Muhammadiyah
Dari Kiri, Ahmadi, Kang Din, Kang Yusuf, Kang Iqbal (Rekan Alumni Pesantren Pondok Tengah Hidayatuth Thullab, Kamulan Durenan, Trenggalek) dijumpakan saat Kunjungan di KUA BALIKPAPAN UTARA 2019. Foto baru, Tulisan lama

Komentar

  1. terima kasih atas artilkelnya
    mudah2 an ALLAH menambah hidayah-NYA ....aaamiiieen

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer