bolehkah panitia menjual kulit hewan kurban?

Diskripsi 
Pada tahun lalu tepatnya bulan Dzulhijjah P.Fathur melakukan ibadah qurban,dikarenakan binatang qurban yang diterima Panitia sangat banyak akhirnya Panitia berinisiatip ingin menjual kulit - kulit binatang qurban.
Pertanyaan:
1.Bolehkah Panitia menjual 
   kulit binatang qurban?
Jawaban:
Menurut pendapat yang shohih nan Masyhur yang sesuai nasnya Imam Syafii juga merupakan pendapat yang di buat pegangan Jumhurul Ulama hukumnya tidak boleh.sedang Imam Haromain menceritakan bahwa shohibut taqrib menceritakan sebuah pendapat yang mengatakan boleh menjual kulit binatang qurban dan mensedekahkan uang hasil penjualan sebagaimana pentasarupan qurban.

Referensi:


 ﻭ‍ﺣ‍‍ﻜ‍‍ﻰ ‍ﺇ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺮ‍ﻣ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﺻ‍‍ﺎ‍ﺣ‍‍ﺐ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺐ‍ ‍ﺣ‍‍ﻜ‍‍ﻰ ‍ﻗ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻏ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺒ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﺟ‍‍ﻠ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺼ‍‍ﺪ‍ﻕ‍ ‍ﺑ‍‍ﺜ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﺼ‍‍ﺮ‍ﻑ‍ ‍ﻣ‍‍ﺼ‍‍ﺮ‍ﻑ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺿ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﺠ‍‍ﺐ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺸ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﻚ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﻧ‍‍ﺘ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﻉ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺤ‍‍ﻢ‍
* ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﺢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺸ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺬ‍ﻱ‍ ‍ﺗ‍‍ﻈ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﺮ‍ﺕ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻧ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﺹ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﺎ‍ﻓ‍‍ﻌ‍‍ﻲ‍ ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻊ‍ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻊ‍‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻊ‍‍ﻩ‍ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺧ‍‍ﺬ ‍ﺛ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﻔ‍‍ﺴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺯ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻊ‍‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺤ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﺤ‍‍ﻢ‍
المجموع ص ٤٢٠ ج ٨
Catatan: yang dimaksud sohibut taqrib adalah Al Qoffal As Syasy juga ada yang berpendapat bahwa sohibut taqrib itu adalah Ibnu Qoffal
Dan pendapat yang ditampilkannya dalam masalah ini terhitung lemah
2.Bolehkah jika kulit tersebut  
   dikasihkan pada salah satu 
   Panitia yang miskin yang 
   seterusnya dijual? 
Jawaban:
Hukumnya boleh karena setelah kulit tersebut dihak milikkan pada salah satu panitia yang miskin maka itu kulit jadi haknya secara sempurna jadi dia bebas menjualnya.

Referensi:

قوله: لا تمليكهم) أي لا يجوز تمليك الأغنياء منها شيئا.
ومحله: إن كان ملكهم ذلك ليتصرفوا فيه بالبيع ونحوه كأن قال لهم: ملكتكم هذا لتتصرفوا في بما شئتم أما إذا ملكهم إياه لا لذلك بل للأكل وحده فيجوز، ويكون هديه لهم وهم يتصرفون فيه بنحو أكل وتصدق وضيافة لغني أو فقير لا ببيع وهبة وهذا بخلاف الفقراء، فيجوز تمليكهم اللحم ليتصرفوا فيه بما شاؤا ببيع أو غيره.
[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,2/379]

Komentar

Postingan Populer